May 18, 2013

Ceramah Islam " Shalat Lima Waktu Merupakan Penebus Dosa "



Shalat hukumnya fardhu (wajib) bagi setiap orang yang beriman yang telah memenuhi syarat, baik laki-laki maupun perempuan. Terkecuali orang gila, anak kecil yang belum baligh, dan wanita yang sedang haid atau nifas.  Shalat juga merupakan tugas bagi setiap umat Islam yang ada di dunia ini.

Perintah Shalat sendiri merupakan perintah yang disampaikan langsung dari Allah kepada Nabi Muhammad SAW. Hal ini seperti yang dituangkan dalam Al-Quran. ”Maka dirikanlah shalat, sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman.” (QS. An-Nisa’: 103).

Begitu pentingnya, Rasul menegaskan kalau pembeda antara muslim dan kafir adalah Shalat. Hal ini seperti yang tertuang dalam hadistnya. Dari Jabir RA. Saya mendengar Rosulullah  SAW bersabda,” batasan antara seorang syirik dan kafir adalah  meninggalkan sholat,”(HR. Muslim).

Yang perlu kita ketahui, bahwa shalat sendiri merupakan perintah yang bebankan kepada umat Islam yang didalamnya banyak hikmah. Salah satunya cara untuk merontokakan dosa kita dari waktu-ke waktu. Dalam hadistnya Rosul Muhammad SAW mengatakan.  Diriwayatkan dari Abu Hurairah RA. Rasulullah bersabda . ”Shalat lima waktu dan sholat Jum at hingga sholat Jum at berikutnya, adalah penebus dosa-dosa yang terjadi antara shalat –shalat  tersebut, selagi belum diselubungi dosa-dosa besar. Puasa Ramadhan hingga puasa Rhamadhan berikutnya merupakan penebus dosa diantara keduanya selama menjauhi dosa-dosa  besar,” (HR. Muslim).

Begitu indahnya Islam,  maka jagalah shalat kita hingga akhir hayat, sehingga Allah SWT ridha kepada kita dan kita dikategorikan sebagai orang soleh  serta dimasukkan ke dalam surganya Amin.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi