May 28, 2013

Hari Ini, Posisi Matahari Tepat di Atas Kakbah


Nanti sore terdapat suatu momen yang cukup penting bagi umat Islam di dunia yang ingin memastikan posisi kiblat.

Secara astronomis, peristiwa matahari berada di atas Ka’bah  dapat terjadi dua kali dalam setahun yaitu pada tanggal 27dan 28 Mei serta tanggal 15 dan 16 Juli.Kepala Sub Direktorat (Kasubdit) Pembinaan Syariah dan Hisab Rukyat Kementerian Agama (Kemenag) Ahmad Izzudin mengatakan, pada tanggal tersebut, nilai deklinasi (posisi) matahari hampir sama dengan titik koordinat lintang Mekah yakni sebesar 21 derajat 25 menit.

Berdasarkan data astronomis, hari ini pukul 12.18 waktu Arab Saudi (WAS) bertepatan pukul 16.18 WIB atau pukul 17.18 WITA, matahari melintas tepat di atas Kakbah. Dengan demikian, bayangan setiap benda akan menuju Kakbah atau berimpit dengan arah Kakbah di Makkah.

pengecekan dan pelurusan arah Kiblat ini dapat dilakukan dengan cara manual. Yakni dengan mendirikan benda tegak lurus diukur menggunakan lot pada pelataran yang rata. Atau bisa menggunakan benda yang berdiri tegak lainnya, seperti tiang, pintu, dan jendela

Untuk menentukan presisi atau ketepatan waktu, Maka bagi umat Islam yang hendak mengukur kiblat dianjurkan memiliki jam tangan yang sesuai standar internasional. Bisa di cek di http://www.timeanddate.com/.

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi