May 23, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 92, 93, 94, 95, 96

Malam sob. Maaf postingan kali ini telat, soalnya tadi masih pengajian. Di malam ini saya akan melanjutkan mengenai Tafsir Surat dan Ayat dalam Al Qur'an. Yang akan saya bahas disini adalah Surat Al Baqarah Ayat 92, 93, 94, 95, 96. Di dalam Surat Al Baqarah ayat 92 sampai 96 ini Allah SWT menjelaskan mengenai Kecintaan Orang- orang Yahudi kepada kehidupan duniawi yang membawa mereka menyimpang dari kebenaran.

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 92, 93, 94, 95, 96
Artinya:
92. Sesungguhnya Musa telah datang kepadamu membawa bukti-bukti kebenaran (mukjizat), kemudian kamu jadikan anak sapi (sebagai sembahan) sesudah (kepergian)nya[73], dan sebenarnya kamu adalah orang-orang yang zalim.
93. dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kamu dan Kami angkat bukit (Thursina) di atasmu (seraya Kami berfirman): "Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan dengarkanlah!" mereka menjawab: "Kami mendengar tetapi tidak mentaati". dan telah diresapkan ke dalam hati mereka itu (kecintaan menyembah) anak sapi karena kekafirannya. Katakanlah: "Amat jahat[74] perbuatan yang telah diperintahkan imanmu kepadamu jika betul kamu beriman (kepada Taurat).
94. Katakanlah: "Jika kamu (menganggap bahwa) kampung akhirat (surga) itu khusus untukmu di sisi Allah, bukan untuk orang lain, Maka inginilah[75] kematian(mu), jika kamu memang benar.
95. dan sekali-kali mereka tidak akan mengingini kematian itu selama-lamanya, karena kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat oleh tangan mereka (sendiri), dan Allah Maha mengetahui siapa orang-orang yang aniaya.
96. dan sungguh kamu akan mendapati mereka, manusia yang paling loba kepada kehidupan (di dunia), bahkan (lebih loba lagi) dari orang-orang musyrik. masing-masing mereka ingin agar diberi umur seribu tahun, Padahal umur panjang itu sekali-kali tidak akan menjauhkannya daripada siksa. Allah Maha mengetahui apa yang mereka kerjakan.
[73] Maksudnya kepergian Musa a.s. ke bukit Thur yang terletak di Sinai, sesudah didatangkan kepadanya mukjizat-mukjizat.
[74] Perbuatan jahat yang mereka kerjakan ialah menyembah anak sapi, membunuh nabi, dan melanggar janji.
[75] Maksudnya: mintalah agar kamu dimatikan sekarang juga.

Mutiara Ayat
Di dalam Surat Al Baqarah Ayat 92, 93, 94, 95, 96 ini, Allah menjelaskan mengenai Kecintaan Orang- orang Yahudi kepada kehidupan duniawi yang membawa mereka menyimpang dari kebenaran;
1. Orang- orang Yahudi yang telah mendapat bimbingan taurat masih saja terjerumus dalam lembah kemusyrikan, berarti mereka telah bertindak zalim dan tidak berhak lagi untuk menggunakan sebutan beriman.
2. Dakwaan orang- orang Yahudi bahwa surga itu disediakan untuk mereka, tidak untuk orang- orang lain, berlawanan dengan diri mereka sendiri, yaitu mereka takut mati untuk membela kebenaran dan sangat tamak terhadap harta benda.
3. Panjang umur seseorang tidak akan dapat melepaskan dirinya dari siksa Allah di akhirat.

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

2 comments:

  1. Alhamdulillah deh genre blognya sama dengan saya... share about islam..... :) Keep post yaaa... mari kita guanakan cara yang lebih dikenal untuk menyebarkan agama Islam... :)

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi