May 18, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 58 Dan 59

Malam sob, Malam ini saya akan melanjutkan pembahasaan mengenai pembahasan surat dalam Al Qur'an. Dan kali ini yang akan saya bahas adalah Surat Al Baqarah Ayat 58 Dan 59. Di dalam ayat ini Allah menjelaskan Kedurhakaan Bani Israil Ketika Masuk Baitul Makdis. Langsung disimak aja sob

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 58 Dan 59

Artinya:
58. dan (ingatlah), ketika Kami berfirman: "Masuklah kamu ke negeri ini (Baitul Maqdis), dan makanlah dari hasil buminya, yang banyak lagi enak dimana yang kamu sukai, dan masukilah pintu gerbangnya sambil bersujud[54], dan Katakanlah: "Bebaskanlah Kami dari dosa", niscaya Kami ampuni kesalahan-kesalahanmu, dan kelak Kami akan menambah (pemberian Kami) kepada orang-orang yang berbuat baik".
59. lalu orang-orang yang zalim mengganti perintah dengan (mengerjakan) yang tidak diperintahkan kepada mereka. sebab itu Kami timpakan atas orang-orang yang zalim itu dari langit, karena mereka berbuat fasik.
[54] Maksudnya menurut sebagian ahli tafsir: menundukkan diri.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 58: Rasulullah bersabda:" Dikatakan kepada Bani Israil,' Masuklah kalian ke pintu gerbang Baitul Makdis sambil bersujud dan katakanlah" Bebaskan kami dari dosa ". Niscaya Allah SWT akan mengampuni dosa dosa mu. Tetapi mereka mengganti perintah perintah itu. Mereka masuk pintu gerbang lalu melarikan diri ke belahang, dan mereka berkata "biji- biji gandum"."(HR. Bukhari)
Diriwayatkan dalam hadis lain," Lalu mereka mengganti perintah itu dan mengatakan,' Bebaskan kami untuk mendapatkan biji- biji gandum'. Maksud mereka dengan perbuatan itu adalah ingin melanggar perintah Allah, lalu membangkang, dan sombong dan memperolok- oloknya sehingga Allah menimpakan pada mereka siksa-Nya.(HR. Bukhari)

Mutiara Ayat
Di ayat ini Allah SWT menjelaskan mengenai kedurhakaan Bani Israil ketika masuk ke Baitul Makdis;
1. Allah memerintahkan kepada Bani Israil untuk memasuki Baitul Makdis dan menikmati makanan yang terdapat disana dengan mematuhi segala perintah-Nya.
2. Bani Israil tetap mengingkari nikmat Allah, dan tidak mematuhi perintah- perintah-Nya. Oleh sebab itu mereka ditimpa azab karena kesalahan- kesalahan yang telah mereka lakukan berulang kali.

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi