May 18, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 54, 55, 56, 57

Pagi, di pagi yang cerah ini saya akan melanjutkan postingan saya mengenai pembahasan surat surat Al Qur'an. Yang akan saya bahas kali ini adalah Surat Al Baqarah Ayat 54, 55, 56, 57. Di ayat ini Allah SWT menjelaskan mengenai Kedurhakaan Bani Israil kepada Allah SWT. Kalau begitu, langsung disimak aja sob

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 54, 55, 56, 57
Artinya:
54. dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: "Hai kaumku, Sesungguhnya kamu telah Menganiaya dirimu sendiri karena kamu telah menjadikan anak lembu (sembahanmu), Maka bertaubatlah kepada Tuhan yang menjadikan kamu dan bunuhlah dirimu[49]. hal itu adalah lebih baik bagimu pada sisi Tuhan yang menjadikan kamu; Maka Allah akan menerima taubatmu. Sesungguhnya Dialah yang Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang."
55. dan (ingatlah), ketika kamu berkata: "Hai Musa, Kami tidak akan beriman kepadamu sebelum Kami melihat Allah dengan terang[50], karena itu kamu disambar halilintar, sedang kamu menyaksikannya[51]".
56. setelah itu Kami bangkitkan kamu sesudah kamu mati[52], supaya kamu bersyukur.
57. dan Kami naungi kamu dengan awan, dan Kami turunkan kepadamu "manna" dan "salwa"[53]. makanlah dari makanan yang baik-baik yang telah Kami berikan kepadamu; dan tidaklah mereka Menganiaya kami; akan tetapi merekalah yang Menganiaya diri mereka sendiri.
[49] Membunuh dirimu ada yang mengartikan: orang-orang yang tidak menyembah anak lembu itu membunuh orang yang menyembahnya. Adapula yang mengartikan: orang yang menyembah patung anak lembu itu saling bunuh-membunuh, dan apa pula yang mengartikan: mereka disuruh membunuh diri mereka masing-masing untuk bertaubat.
[50] Maksudnya: melihat Allah dengan mata kepala.
[51] Karena permintaan yang semacam ini menunjukkan keingkaran dan ketakaburan mereka, sebab itu mereka disambar halilintar sebagai azab dari tuhan.
[52] Yang dimaksud dengan mati di sini menurut sebagian mufassirin Ialah: mati yang sebenarnya, dan menurut sebagian yang lain Ialah: pingsan akibat sambaran halilintar.
[53] Salah satu nikmat Tuhan kepada mereka Ialah: mereka selalu dinaungi awan di waktu mereka berjalan di panas terik padang pasir. manna Ialah: makanan manis sebagai madu. Salwa Ialah: burung sebangsa puyuh.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 54: Ibnu Abbas ra. berkata, bahwa Allah SWT berfirman:" Sesungguhnya tobat mereka (Bani Israil) dengan cara setiap orang membunuh orang yang ada dihadapannya, baik anak atau bapak, dengan pedagang, tidak peduli siapapun terbunuh di tempat itu. Allah menerima tobat orang yang menyembunyikan imannya kepada Harun as. dan Musa as. selama Allah masih melihat dosa- dosa mereka. Kemudian mereka mengakui dosa- dosanya dan melakukan apa yang diperintahkan Allah, sehingga Allah mengampuni dosa- dosa mereka, baik yang membunuh maupun yang dibunuh.(HR. Nasa'i, Ibnu Jarir, dan Ibnu Abi Hatim)
Ayat 57: Lafadz Al-Manna berarti umum, mencakup segala sesuatu yang dianugerahkan Allah kepada hamba-Nya tanpa rasa payah dan bertani. Dalam riwayat muslim disebutkan bahwa Al-Manna adalah anugerah Allah yang diturunkan kepada Nabi Musa as, (Al-Qurtubi)

Mutiara Ayat
Di ayat ini dijelaskan mengenai kedurhakaan Bani Israil kepada Allah SWT;
1. Perbuatan Bani Israil menyembah patung anak sapi merupakan suatu keingkaran kepada Allah SWT, dan suatu kezaliman terhadap didi sendiri.
2. Tuntutan mereka untuk dapat melihat Allah sebagai persyaratan untuk beriman, merupakan suatu kedurhakaan kepada Allah, dan patut mendapat hukuman.
3. Allah memerintahkan Bani Israil untuk memakan makanan yang halal dan baik.
4. Kejahatan- kejahatan yang dilakukan manusia tidak akan merugikan Allah, melainkan merugikan diri manusia sendiri.

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi