May 21, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 74, 75, 76, 77, 78, 79, 80, 81, 82

Malam sob, apa kabar?, malam ini saya akan melanjutkan postingan mengenai tafsir Surat dan Ayat dalam Al Qur'an. Yang akan saya bahas kali ini adalah Surat Al Baqarah Ayat 74, 75, 76, 77, 78, 79, 80, 81, 82. Di ayat ini, Allah menjelaskan tentang Sulitnya mengharapkan Iman dari Bani Israil

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 74, 75, 76, 77, 78, 79, 80, 81, 82

Artinya:
74. kemudian setelah itu hatimu menjadi keras seperti batu, bahkan lebih keras lagi. Padahal diantara batu-batu itu sungguh ada yang mengalir sungai-sungai dari padanya dan diantaranya sungguh ada yang terbelah lalu keluarlah mata air dari padanya dan diantaranya sungguh ada yang meluncur jatuh, karena takut kepada Allah. dan Allah sekali-sekali tidak lengah dari apa yang kamu kerjakan.
75. Apakah kamu masih mengharapkan mereka akan percaya kepadamu, Padahal segolongan dari mereka mendengar firman Allah, lalu mereka mengubahnya setelah mereka memahaminya, sedang mereka mengetahui?[65].
76. dan apabila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka berkata:" Kamipun telah beriman," tetapi apabila mereka berada sesama mereka saja, lalu mereka berkata: "Apakah kamu menceritakan kepada mereka (orang-orang mukmin) apa yang telah diterangkan Allah kepadamu, supaya dengan demikian mereka dapat mengalahkan hujjahmu di hadapan Tuhanmu; tidakkah kamu mengerti?"[66]
77. tidakkah mereka mengetahui bahwa Allah mengetahui segala yang mereka sembunyikan dan segala yang mereka nyatakan?
78. dan diantara mereka ada yang buta huruf, tidak mengetahui Al kitab (Taurat), kecuali dongengan bohong belaka dan mereka hanya menduga-duga[67].
79. Maka kecelakaan yang besarlah bagi orang-orang yang menulis Al kitab dengan tangan mereka sendiri, lalu dikatakannya; "Ini dari Allah", (dengan maksud) untuk memperoleh Keuntungan yang sedikit dengan perbuatan itu. Maka kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang ditulis oleh tangan mereka sendiri, dan kecelakaan yang besarlah bagi mereka, akibat apa yang mereka kerjakan.
80. dan mereka berkata: "Kami sekali-kali tidak akan disentuh oleh api neraka, kecuali selama beberapa hari saja." Katakanlah: "Sudahkah kamu menerima janji dari Allah sehingga Allah tidak akan memungkiri janji-Nya, ataukah kamu hanya mengatakan terhadap Allah apa yang tidak kamu ketahui?"
81. (Bukan demikian), yang benar: Barangsiapa berbuat dosa dan ia telah diliputi oleh dosanya, mereka Itulah penghuni neraka, mereka kekal di dalamnya.
82. dan orang-orang yang beriman serta beramal saleh, mereka itu penghuni surga; mereka kekal di dalamnya.
[65] Yang dimaksud ialah nenek-moyang mereka yang menyimpan Taurat, lalu Taurat itu dirobah-robah mereka; di antaranya sifat-sifat Nabi Muhammad s.a.w. yang tersebut dalam Taurat itu.
[66] Sebagian Bani Israil yang mengaku beriman kepada Nabi Muhammad s.a.w itu pernah bercerita kepada orang-orang Islam, bahwa dalam Taurat memang disebutkan tentang kedatangan Nabi Muhammad s.a.w. Maka golongan lain menegur mereka dengan mengatakan: "Mengapa kamu ceritakan hal itu kepada orang-orang Islam sehingga hujjah mereka bertambah kuat?"
[67] Kebanyakan bangsa Yahudi itu buta huruf, dan tidak mengetahui isi Taurat selain dari dongeng-dongeng yang diceritakan pendeta-pendeta mereka.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 74: Dari Ibnu Umar ra. Rasulullah SAW bersabda:" Janganlah kalian banyak bicara tanpa zikir kepada Allah SWT. Karena banyak bicara tanpa zikir akan membuat hati menjadi keras. Dan orang yang jauh dari Allah ialah orang yang berhati keras

Mutiara Ayat
Di dalam ayat ini, Allah SWT menjelaskan mengenai Sulitnya mengharapkan Iman Bani Israil;
1. Meskipun Bani Israil menyaksikan ayat- ayat Allah dan mukjizat Nabi Musa as, hati mereka tetap keras membatu
2. Orang Yahudi berusaha unuk merahasiakan kepalsuan ajaran mereka, sehingga mereka mencela teman- temannya yang berkumpul bersama orang muslim
3. Perbuatan pendeta- pendeta Yahudi memutarbalikkan isi Taurat dan pandangan mereka.
4. Setiap orang yang berdosa akan masuk kedalam neraka sesuai dengan dosanya

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

2 comments:

  1. artikel nice sob?
    Lanjutkanlah,karena jalanmu sudah benar!!


    KUNBAL,saya tunggu

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi