May 3, 2013

Tentang Surat Al Fatihah Part 2

Pagi sob, Sebelumnya saya sudah posting Mukadimah Qs Al-Fatihah dan Bacaan Surat Al-Fatihah, Kali ini saya akan memposting tentang Hadis yang berkaitan dengan Surat Al-Fatihah, Keutamaan, dan Penutupnya. Baiklah sob langsung di simak aja.

Hadis Yang Berkaitan dengan Qs Al-Fatihah
Dari Abu Hurairah ra. Berkata: Bahwa Rasulullah bersabda "Al-hamdulillah (Al-Fatihah) adalah Ummul Qur'an ( Induk nya Al-Qur'an ), Ummul Kitab ( Induk nya Kitab ), dan As-Sab'ul Masani wa Al-Qur'an Al-Ahzim ( Tujuh Ayat Al-Qur'an yang ter ulang- ulang ).

Keutamaan Surat Al-Fatihah

1. Surat Al-Fatihah Surat Paling Agung
Surat Al-Fatihah. Ya, itulah surat yang paling agung di dalam al-Qur'an. Imam Bukhari rahimahullah membuat bab di dalam Shahih-nya dengan judul Fadhlu Fatihatil Kitab -keutamaan surat al-Fatihah- kemudian beliau mencantumkan hadits berikut sebagai dalilnya (lihat Shahih al-Bukhari, hal. 1068 cet. Maktabah al-Iman, lihat juga Fath al-Bari [9/62] cet. Dar al-Hadits).

2. Bacaan Al-Fatihah Menjadi Rukun Sholat
Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Barangsiapa yang mengerjakan sholat dan tidak membaca Ummul Qur'an (surat Al-Fatihah) di dalamnya maka sholat itu pincang.” Beliau mengatakannya tiga kali. Pincang maksudnya adalah tidak sempurna (HR. Muslim dalam Kitab ash-Sholah [395])

3. Bacaan Al-Fatihah Bisa Untuk Meruqyah

4. Surat Al-Fatihah Memuat Induk Ajaran Al-Qur'an
Surat Al-Fatihah juga dinamai dengan Ummul Qur'an atau Ummul Kitab (induknya Al-Qur'an). Dari Abu Hurairah radhiyallahu'anhu, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Ummul Qur'an itu adalah tujuh ayat yang sering diulang-ulang (as-Sab'u al-Matsani) dan Al-Qur'an Al-'Azhim (bacaan yang agung).” (HR. Bukhari dalam Kitab Tafsir al-Qur'an [4704]) (lihat juga Tafsir al-Imam asy-Syafi'i [1/188-189,192] cet. Dar at-Tadmuriyah, Tafsir al-Qur'an al-'Azhim [4/382] cet. al-Maktabah at-Taufiqiyah)

5. Surat Al-Fatihah Merangkum Intisari Ajaran Al-Qur'an 
Di dalam Surat Al-Fatihah terdapat kandungan intisari yang berupa :

-Kandungan Tauhid dan Doa
-Eksistensi Risalah dan Bantahan Terhadap Atheis
-Bantahan Untuk Kaum Musyrik dan Pengingkar Sifat Allah
-Penetapan Hari Kebangkitan, Bantahan Untuk Yahudi dan Nasrani
-Bantahan Terhadap Para Pengekor Hawa Nafsu

Sekian dulu Sob Pembahasan kita tentang QS Al-Fatihah. Jika Sobat ingin mengetahui Mukadimah dan bacaan QS Al Fatihah silahkan lihat di Tentang Surat Al-Fatihah Part 1

4 comments:

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi