May 15, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 35, 36, 37

Pagi sob, pembahasan surat pagi ini masih membahas mengenai Surat Al Baqarah, yaitu Surat Al Baqarah Ayat 35, 35, 37. Di ayat ini Allah SWT menjelaskan tentang Kenikmatan yang diberikan Allah kepada manusia. langsung disimak aja sob

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 35, 35, 37
Artinya:
35. dan Kami berfirman: "Hai Adam, diamilah oleh kamu dan isterimu surga ini, dan makanlah makanan-makanannya yang banyak lagi baik dimana saja yang kamu sukai, dan janganlah kamu dekati pohon ini[37], yang menyebabkan kamu Termasuk orang-orang yang zalim.
36. lalu keduanya digelincirkan oleh syaitan dari surga itu[38] dan dikeluarkan dari Keadaan semula[39] dan Kami berfirman: "Turunlah kamu! sebagian kamu menjadi musuh bagi yang lain, dan bagi kamu ada tempat kediaman di bumi, dan kesenangan hidup sampai waktu yang ditentukan."
37. kemudian Adam menerima beberapa kalimat[40] dari Tuhannya, Maka Allah menerima taubatnya. Sesungguhnya Allah Maha Penerima taubat lagi Maha Penyayang.
[37] Pohon yang dilarang Allah mendekatinya tidak dapat dipastikan, sebab Al Quran dan Hadist tidak menerangkannya. ada yang menamakan pohon khuldi sebagaimana tersebut dalam surat Thaha ayat 120, tapi itu adalah nama yang diberikan syaitan.
[38] Adam dan hawa dengan tipu daya syaitan memakan buah pohon yang dilarang itu, yang mengakibatkan keduanya keluar dari surga, dan Allah menyuruh mereka turun ke dunia. yang dimaksud dengan syaitan di sini ialah iblis yang disebut dalam surat Al Baqarah ayat 34 di atas.
[39] Maksud Keadaan semula ialah kenikmatan, kemewahan dan kemuliaan hidup dalam surga.
[40] Tentang beberapa kalimat (ajaran-ajaran) dari Tuhan yang diterima oleh Adam sebahagian ahli tafsir mengartikannya dengan kata-kata untuk bertaubat.

Munasabah
Di ayat 35, 36, 37 ini dijelaskan bahwa Allah SWT memberikan nikmat pada manusia, yang distukuri oleh semua keturunan Adam as.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 35: Dari Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda:" Berbuat baiklah kalian kepada istri, karena mereka diciptakan dari tulang rusuk mu. Tulang rusuk yang paling bengkok adalah yang paling atas. Jika kamu memaksa untuk meluruskannya, maka ia akan patah. Tetapi apabila kamu biarkan, ia akan tetap bengkok."(HR. Bukhari)
Ayat 36: Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW berabda:" Sebaik baik hari dimana matahari terbit adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam diciptakan,pada hari itu juga dia masuk surga, dan pada hari itu pula dia keluar dari surga."(HR. Muslim dan Nasa'i)

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

4 comments:

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi