May 23, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 87, 88, 89, 90, 91

Pagi sob, bertemu lagi nih. Pagi ini saya akan melanjutkan postingan saya mengenai Tafsir Surat dan Ayat dalam Al Qur'an. Yang akan saya bahas kali ini adalah Surat Al Baqarah Ayat 87, 88, 89, 90, 91. Di dalam Ayat ini, Allah SWT menjelaskan mengenai Sikap Orang Yahudi terhadap Para Rasul dan Kitab yang diturunkan Allah

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 87, 88, 89, 90, 91
Artinya:
87. dan Sesungguhnya Kami telah mendatangkan Al kitab (Taurat) kepada Musa, dan Kami telah menyusulinya (berturut-turut) sesudah itu dengan rasul-rasul, dan telah Kami berikan bukti-bukti kebenaran (mukjizat) kepada Isa putera Maryam dan Kami memperkuatnya dengan Ruhul Qudus[69]. Apakah Setiap datang kepadamu seorang Rasul membawa sesuatu (pelajaran) yang tidak sesuai dengan keinginanmu lalu kamu menyombong; Maka beberapa orang (diantara mereka) kamu dustakan dan beberapa orang (yang lain) kamu bunuh?
88. dan mereka berkata: "Hati Kami tertutup". tetapi sebenarnya Allah telah mengutuk mereka karena keingkaran mereka; Maka sedikit sekali mereka yang beriman.
89. dan setelah datang kepada mereka Al Quran dari Allah yang membenarkan apa yang ada pada mereka[70], Padahal sebelumnya mereka biasa memohon (kedatangan Nabi) untuk mendapat kemenangan atas orang-orang kafir, Maka setelah datang kepada mereka apa yang telah mereka ketahui, mereka lalu ingkar kepadanya. Maka la'nat Allah-lah atas orang-orang yang ingkar itu.
90. Alangkah buruknya (hasil perbuatan) mereka yang menjual dirinya sendiri dengan kekafiran kepada apa yang telah diturunkan Allah, karena dengki bahwa Allah menurunkan karunia-Nya[71] kepada siapa yang dikehendaki-Nya diantara hamba-hamba-Nya. karena itu mereka mendapat murka sesudah (mendapat) kemurkaan[72]. dan untuk orang-orang kafir siksaan yang menghinakan.
91. dan apabila dikatakan kepada mereka: "Berimanlah kepada Al Quran yang diturunkan Allah," mereka berkata: "Kami hanya beriman kepada apa yang diturunkan kepada kami". dan mereka kafir kepada Al Quran yang diturunkan sesudahnya, sedang Al Quran itu adalah (Kitab) yang hak; yang membenarkan apa yang ada pada mereka. Katakanlah: "Mengapa kamu dahulu membunuh nabi-nabi Allah jika benar kamu orang-orang yang beriman?"
[69] Maksudnya: kejadian Isa a.s. adalah kejadian yang luar biasa, tanpa bapak, Yaitu dengan tiupan Ruhul Qudus oleh Jibril kepada diri Maryam. ini Termasuk mukjizat Isa a.s. menurut jumhur musafirin, bahwa Ruhul Qudus itu ialah Malaikat Jibril.
[70] Maksudnya kedatangan Nabi Muhammad s.a.w. yang tersebut dalam Taurat dimana diterangkan sifat-sifatnya.
[71] Maksudnya: Allah menurunkan wahyu (kenabian) kepada Muhammad s.a.w.
[72] Maksudnya: mereka mendapat kemurkaan yang berlipat-ganda Yaitu kemurkaan karena tidak beriman kepada Muhammad s.a.w. dan kemurkaan yang disebabkan perbuatan mereka dahulu, Yaitu membunnuh Nabi, mendustakannya, merobah-robah isi Taurat dan sebagainya.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 88: Rasulullah SAW bersabda:" Allah berfirman:' Wahai anak adam, sungguh selama kamu berdo'a kepada-Ku dan mengharapkan-Ku, maka Aku mengampuni terhadap apa yang ada pada dirimu, Aku tidak peduli. Hai anak adam, seandainya dosa- dosamu memenuhi langit kemudian kapu memohon ampun, maka aku ampuni engkau. Hai anak adam, jika kamu mendatangiku dengan membawa dosa- dosa sebesar bumi yang didekatmu, kemudian kamu menemui-Ku dan tidak menyekutukan-Ku dengan apapun, Aku pasti akan mendatangimu dengan ampunan itu'."(HR. Tirmizi)

Mutiara Ayat
Di dalam Surat Al Baqarah Ayat 87, 88, 89, 90, 91 ini, Allah menjelaskan mengenai Sikap Orang Yahudi terhadap Para Rasul dan Kitab yang diturunkan Allah;
1. Orang- orang yahudi mengingkari para rasul, termasuk kerasulan Nabi Muhammad, padahal mereka telah mengetahui kerasulannya itu dari kitab mereka sendiri, bahkan mereka sudah menunggu kedatangannya.
2. Pengingkaran mereka terhadap kerasulan Nabi itu bukanlah keluar dari hati nurani, tetapi terdorong oleh rasa fanatik kebangsaan yang mendalam.
3. Mereka itu hasad dan dengki terhadap kerasulan Nabi Muhammad SAW, karena bukan diturunkan dari keturunan bangsanya.
4. Apabila kita ingin memperoleh kebenaran, jangan memandang kebangsaan, karena Allah memberikan kebaikan itu menurut kehendak-Nya.

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

2 comments:

  1. makasih gan udah ngasih tulisan yang sangat bermanfaat , merinding saya bacanya

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi