Tentang Surat Al Baqarah Ayat 60 Dan 61

Pagi Sob, Pagi ini saya akan melanjutkan postingan saya mengenai pembahasan surat Al Qur'an. Dan kali ini yang akan saya bahas adalah Surat Al Baqarah Ayat 60 Dan 61.

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 60 Dan 61
Artinya:
60. dan (ingatlah) ketika Musa memohon air untuk kaumnya, lalu Kami berfirman: "Pukullah batu itu dengan tongkatmu". lalu memancarlah daripadanya dua belas mata air. sungguh tiap-tiap suku telah mengetahui tempat minumnya (masing-masing)[55]. Makan dan minumlah rezki (yang diberikan) Allah, dan janganlah kamu berkeliaran di muka bumi dengan berbuat kerusakan.
61. dan (ingatlah), ketika kamu berkata: "Hai Musa, Kami tidak bisa sabar (tahan) dengan satu macam makanan saja. sebab itu mohonkanlah untuk Kami kepada Tuhanmu, agar Dia mengeluarkan bagi Kami dari apa yang ditumbuhkan bumi, Yaitu sayur-mayurnya, ketimunnya, bawang putihnya, kacang adasnya, dan bawang merahnya". Musa berkata: "Maukah kamu mengambil yang rendah sebagai pengganti yang lebih baik ? Pergilah kamu ke suatu kota, pasti kamu memperoleh apa yang kamu minta". lalu ditimpahkanlah kepada mereka nista dan kehinaan, serta mereka mendapat kemurkaan dari Allah. hal itu (terjadi) karena mereka selalu mengingkari ayat-ayat Allah dan membunuh Para Nabi yang memang tidak dibenarkan. demikian itu (terjadi) karena mereka selalu berbuat durhaka dan melampaui batas. 
[55] Ialah sebanyak suku Bani Israil sebagaimana tersebut dalam surat Al A'raaf ayat 160.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 61: Imam Al Qurtubi menanggapi ayat ini dalam tafsirnya berkata:" Tidak ada seorang nabi pun yang membawa risalah, pasti ditetapkan untuk dibunuh oleh kaumnya. Dan setiap nabi yang dibunuh, pasti dilakukan oleh kaumnya yang tidak diperintahkan untuk berperang. Dan setiap aum yang disuruh untuk berperang, pasti ditolong( mendapat kemenangan ). Sebagaimana diketahui, bahwa tidak ada seorang nabi pun yang berhak dibunuh, tetapi dia dibunuh karena membawa kebenaran.
Dari Abdullah Bin Mas'ud bahwa Nabi SAW bersabda:" Tidak masuk surga orang yang dihatinya ada sekit kesombongan." Ada sahabat yang bertanya:" Seseorang pasti ingin baju dan sandalnya bagus", Nabi menjawab" Allah itu maha indah dan suka keindahan, yang dimaksuf sombong adalah menolak kebenaran dan meremehkan orang.(HR. Muslim)

Mutiara Ayat
Di Ayat ini Allah SWT menjelaskan mengenai Pembalasan Terhadap Sikap Dan Perbuatan Bani Israil;
1. Orang orang yahudi menuntut kepada Nabi Musa. Tuntutan itu sangat banyak, dan disengaja untuk melemahkan dan mendurhakainya, karena itu mereka ditimpa kehinaan.
2. Mereka ditimpa kehinaan dan laknat Allah karena durhaka dan membunuh para nabi.

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi