May 21, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 67, 68, 69, 70, 71, 72, 73

Sore sob, bertemu lagi di sore yang cerah ini. Sekarang saya akan melanjutkan postingan saya mengenai pembahasan surat dan ayat dalam Al Qur'an. Kali ini yang akan saya bahas adalah Surat Al Baqarah Ayat 67, 68, 69, 70, 71, 72, 73. Di dalam ayat ini, Alah menjelaskan mengenai penyembelihan sapi.

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 67, 68, 69, 70, 71, 72, 73
Artinya:
67. dan (ingatlah), ketika Musa berkata kepada kaumnya: "Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyembelih seekor sapi betina." mereka berkata: "Apakah kamu hendak menjadikan Kami buah ejekan?"[62] Musa menjawab: "Aku berlindung kepada Allah agar tidak menjadi salah seorang dari orang-orang yang jahil".
68. mereka menjawab: " mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk Kami, agar Dia menerangkan kepada kami; sapi betina Apakah itu." Musa menjawab: "Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang tidak tua dan tidak muda; pertengahan antara itu; Maka kerjakanlah apa yang diperintahkan kepadamu".
69. mereka berkata: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk Kami agar Dia menerangkan kepada Kami apa warnanya". Musa menjawab: "Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang kuning, yang kuning tua warnanya, lagi menyenangkan orang-orang yang memandangnya."
70. mereka berkata: "Mohonkanlah kepada Tuhanmu untuk Kami agar Dia menerangkan kepada Kami bagaimana hakikat sapi betina itu, karena Sesungguhnya sapi itu (masih) samar bagi Kami dan Sesungguhnya Kami insya Allah akan mendapat petunjuk (untuk memperoleh sapi itu)."
71. Musa berkata: "Sesungguhnya Allah berfirman bahwa sapi betina itu adalah sapi betina yang belum pernah dipakai untuk membajak tanah dan tidak pula untuk mengairi tanaman, tidak bercacat, tidak ada belangnya." mereka berkata: "Sekarang barulah kamu menerangkan hakikat sapi betina yang sebenarnya". kemudian mereka menyembelihnya dan hampir saja mereka tidak melaksanakan perintah itu[63].
72. dan (ingatlah), ketika kamu membunuh seorang manusia lalu kamu saling tuduh menuduh tentang itu. dan Allah hendak menyingkapkan apa yang selama ini kamu sembunyikan.
73. lalu Kami berfirman: "Pukullah mayat itu dengan sebahagian anggota sapi betina itu !" Demikianlah Allah menghidupkan kembali orang-orang yang telah mati, dam memperlihatkan padamu tanda-tanda kekuasaanNya agar kamu mengerti[64]. 
[62] Hikmah Allah menyuruh menyembelih sapi ialah supaya hilang rasa penghormatan mereka terhadap sapi yang pernah mereka sembah.
[63] Karena sapi yang menurut syarat yang disebutkan itu sukar diperoleh, hampir mereka tidak dapat menemukannya.
[64] Menurut jumhur mufassirin ayat ini ada hubungannya dengan Peristiwa yang dilakukan oleh seorang dari Bani Israil. masing-masing mereka tuduh-menuduh tentang siapa yang melakukan pembunuhan itu. setelah mereka membawa persoalan itu kepada Musa a.s., Allah menyuruh mereka menyembelih seekor sapi betina agar orang yang terbunuh itu dapat hidup kembali dan menerangkan siapa yang membunuhnya setelah dipukul dengan sebahagian tubuh sapi itu.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 72: Dari Abu Sa'id Al Khudri, Rasulullah SAW bersabda:" Seandainya seseorang beamal dengan suatu amal perbuatan yang tersembunyi di dalam sebuah batu yang tidak terdapat pintu dan lubang di dalamnya, niscaya amalnya akan keluar/diketahui kepada manusia apapun bentuknya."(HR. Hakim, Ahmad, Baihaqi)

Mutiara Ayat
Di dalam Surat Al Baqarah Ayat 67, 68, 69, 70, 71, 72, 73 ini, Allah menjelaskan mengenai kisah penyembelihan sapi;
1. Penyembelihan sapi yang diperintahkan kepada Bani Israil itu dimaksudkan untuk mengungkap rahasia pembunuhan.
2. Bani Israil pada waktu itu tidak segera menaggapi perintah Allah dan mereka mengajukan pertanyaan- pertanyaan tentang perkara yang mudah dan sederhana dengan maksud memperolok- olok Nabi Musa, yang akibatnya mempersulit diri mereka sendiri.
3. Menghidupkan orang yang mati dengan cara memukulkan sebagian tubuh sapi itu adalah mukjizat yang diberikan Allah kepada Nabi Musa dan salah satu tanda kekuasaan-Nya.

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi