May 22, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 83, 84, 85, 86

Pagi sob, apa kabar? Pagi ini saya akan melanjutkan pembahasan saya mengenai tafsir Surat dan Ayat Al Qur'an. Yang akan saya bahas kali ini adalah Surat Al Baqarah Ayat 83, 84, 85, 86. Di dalam ayat ini, Allah SWT menjelaskan mengenai Bani Israil yang mengingkari janjinya terhadap Allah

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 83, 84, 85, 86
Artinya:
83. dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari Bani Israil (yaitu): janganlah kamu menyembah selain Allah, dan berbuat kebaikanlah kepada ibu bapa, kaum kerabat, anak-anak yatim, dan orang-orang miskin, serta ucapkanlah kata-kata yang baik kepada manusia, dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. kemudian kamu tidak memenuhi janji itu, kecuali sebahagian kecil daripada kamu, dan kamu selalu berpaling.
84. dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kamu (yaitu): kamu tidak akan menumpahkan darahmu (membunuh orang), dan kamu tidak akan mengusir dirimu (saudaramu sebangsa) dari kampung halamanmu, kemudian kamu berikrar (akan memenuhinya) sedang kamu mempersaksikannya.
85. kemudian kamu (Bani Israil) membunuh dirimu (saudaramu sebangsa) dan mengusir segolongan daripada kamu dari kampung halamannya, kamu bantu membantu terhadap mereka dengan membuat dosa dan permusuhan; tetapi jika mereka datang kepadamu sebagai tawanan, kamu tebus mereka, Padahal mengusir mereka itu (juga) terlarang bagimu. Apakah kamu beriman kepada sebahagian Al kitab (Taurat) dan ingkar terhadap sebahagian yang lain? Tiadalah Balasan bagi orang yang berbuat demikian daripadamu, melainkan kenistaan dalam kehidupan dunia, dan pada hari kiamat mereka dikembalikan kepada siksa yang sangat berat. Allah tidak lengah dari apa yang kamu perbuat[68].
86. Itulah orang-orang yang membeli kehidupan dunia dengan (kehidupan) akhirat, Maka tidak akan diringankan siksa mereka dan mereka tidak akan ditolong. 
[68] Ayat ini berkenaan dengan cerita orang Yahudi di Madinah pada permulaan Hijrah. Yahudi Bani Quraizhah bersekutu dengan suku Aus, dan Yahudi dari Bani Nadhir bersekutu dengan orang-orang Khazraj. antara suku Aus dan suku Khazraj sebelum Islam selalu terjadi persengketaan dan peperangan yang menyebabkan Bani Quraizhah membantu Aus dan Bani Nadhir membantu orang-orang Khazraj. sampai antara kedua suku Yahudi itupun terjadi peperangan dan tawan menawan, karena membantu sekutunya. tapi jika kemudian ada orang-orang Yahudi tertawan, Maka kedua suku Yahudi itu bersepakat untuk menebusnya Kendatipun mereka tadinya berperang-perangan.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 83: Dari Abdullah bin amr ra. Ada seorang menghadap Nabi SAW dan berkata:" Saya membaiatmu untuk hijrah dan dan jihad hanya mengharapkan pahala dari Allah."
Lalu Nabi SAW bertanya:" Apakah seorang dari kedua orang tuamu masih hidup?."
Dia menjawab:" Ya, bahkan keduanya masih hidup."
Nabi bertanya lagi:" Kamu masih mengharapkan lagi pahala dari Allah SWT?."
Dia menjawab;" Ya."
Nabi bersabda:" Pulanglah kepada orang tuamu, lalu perbaikilah hubunganmu dengan mereka (HR. Bukhari dan Muslim)

Mutiara Ayat
Di dalam ayat ini, Allah SWT menjelaskan mengenai Bani Israil yang mengungkari janjinya kepada Allah;
1. Bani Israil telah merusak hubungannya dengan Allah, yaitu dengan meninggalkan kewajiban terhadap-Nya. Mereka merusak hubungannya dengan sesama manusiadengan meninggalkan kewajiban terhadap orang tua dan sesama manusia. Hanya sedikit dari mereka yang menunaikan kewajiban- kewajiban mereka.
2. Orang yahudi pada zaman nabi muhammad saperti halnya nenek moyang mereka. Mereka suka ingkar dan tidak taat.
3. Segala tindakan dan perbuatan yang sifatnya mempermainkan agama, pasti akan mendapatkan hukuman dari Allah. Allah tidak akan menurunkan pertolongan- pertolongan kepada pelakunya.

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi