May 7, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 8 Sampai 14

Pagi Sob, Kai ini saya akan melanjutkan ulasan mengenai Surat Al Baqarah, dan kali ini yang akan saya bahas adalah Surat Al Baqarah Ayat 8 Sampai 14. Kita langsung mulai saja pembahasanya.

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 8 Sampai 14


Artinya

8. di antara manusia ada yang mengatakan: "Kami beriman kepada Allah dan hari kemudian[22]," pada hal mereka itu Sesungguhnya bukan orang-orang yang beriman.
9. mereka hendak menipu Allah dan orang-orang yang beriman, Padahal mereka hanya menipu dirinya sendiri sedang mereka tidak sadar.
10. dalam hati mereka ada penyakit[23], lalu ditambah Allah penyakitnya; dan bagi mereka siksa yang pedih, disebabkan mereka berdusta.
11. dan bila dikatakan kepada mereka:"Janganlah kamu membuat kerusakan di muka bumi[24]". mereka menjawab: "Sesungguhnya Kami orang-orang yang Mengadakan perbaikan."
12. Ingatlah, Sesungguhnya mereka Itulah orang-orang yang membuat kerusakan, tetapi mereka tidak sadar.
13. apabila dikatakan kepada mereka: "Berimanlah kamu sebagaimana orang-orang lain telah beriman." mereka menjawab: "Akan berimankah Kami sebagaimana orang-orang yang bodoh itu telah beriman?" Ingatlah, Sesungguhnya merekalah orang-orang yang bodoh; tetapi mereka tidak tahu.
14. dan bila mereka berjumpa dengan orang-orang yang beriman, mereka mengatakan: "Kami telah beriman". dan bila mereka kembali kepada syaitan-syaitan mereka[25], mereka mengatakan: "Sesungguhnya Kami sependirian dengan kamu, Kami hanyalah berolok-olok."

[22] Hari kemudian Ialah: mulai dari waktu mahluk dikumpulkan di padang mahsyar sampai waktu yang tak ada batasnya.
[23] Yakni keyakinan mereka terdahap kebenaran Nabi Muhammad s.a.w. lemah. Kelemahan keyakinan itu, menimbulkan kedengkian, iri-hati dan dendam terhadap Nabi s.a.w., agama dan orang-orang Islam.
[24] Kerusakan yang mereka perbuat di muka bumi bukan berarti kerusakan benda, melainkan menghasut orang-orang kafir untuk memusuhi dan menentang orang-orang Islam.
[25] Maksudnya: pemimpin-pemimpin mereka.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 8  :Dari Huzaifah ra. Berkata:" Sesungguhnya kemunafikan di zaman Raulullah SAW itu pada hari ini sama dengan sifat kufur setelah beriman "(HR. Bukhari)
Ayat 10 :Dari Abdullah bin Umar mengatakan bahwa Nabi SAW bersabda: " Ada empat hal, barang siapa memiliki sifat sifat itu semua, maka dia benar benar munafik. Dan barang siaoa yang memiliki salah satunya, maka berarti dia memiliki sebagian dari sifat munafik sampai dia meninggalkan nya. Yang dimaksudkan empat hal tersebut adalah: 
  a. Apabila dipercaya, dia berkhianat
  b. Apabila berbicara, dia berdusta
  c. Apabila membuat persetujuan ( berjanji ), dia melanggar nya
  d. Apabila berdebat, dia melampaui batas

Mutiara Ayat
1. Orang Munafik ialah orang yang berpura pura beriman, padahal mereka sangat benci kepada Islam
2. Orang munafik baik yang berasal dari ahli kitab maupun berasal dari musyrik arab, selalu melakukan permusuhan dan tipu daya untuk kemajuan Islam
3. Tindakan tindakan mereka itu muncul dari penyakit yang ada dalam jiwa mereka
4. Orang Orang Munafik mengaku berbuat baik, padahal sebenarnya mereka membuat kerusakan di muka bumi
5. Di antara ciri orang munafik ialah yang berjuang hanya karena ingin memperoleh keuntungan materi saja
6. Orang orang Munafik itu tidak memperoleh hidayah atau petunjuk dari Allah dan mereka senantiasa berada dalam kesesatan

Sekian dulu sob pembahasan saya tentang Surat Al Baqarah Ayat 8 Sampai 14, Untuk melihat tentang surat Al Baqarah yang lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah.
Sobat juga bisa klik link dibawah ini

2 comments:

  1. Terimakasih banyak sudah mau share ilmu-nya ke pada kita semua.
    Artikel ini sangat luar biasa gan, sangat bermanfaat semoga kebaikan agan di balas oleh allah SWT.
    sekali lagi terimakasih gan, di tunggu artikel berikutnya. salam blogger "Samsoftware-Cyber"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Amin. Untuk update-an mengenai surat al qur'an, insyaallah akan saya update setiap hari. Jadi, silahkan dilihat setiap hari nya untuk mengetahui update terbaru

      Delete

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi