Tentang Surat Al Fatihah Part 1


Mukadimah :
Qs Al-Fatihah yang berarti pembukaan ini terdiri dari 7 ayat. Surat Al-Fatihah di turunkan di Kota Mekah, sehingga disebut Surat Makkiyyah. Surat Al-Fatihah merupakan surat yang pertama di turunkan dengan lengkap di antara surat- surat lain ya dalam Al-Qur’an.

Surat ini di sebut Al-Fatihah ( Pembukaan ) karena dengan surat inilah di buka atau dimulai nya Al-Qur’an. Surat Al-Fatihah juga disebut Ummul Qur’an ( Induk Qur’an) atau Ummul Kitab ( Induk Kitab ) karena Surat Al-Fatihah ini meupakan induk dari semua isi Al-Qur’an. Surat ini juga dinamakan As-Sab’ul Masani yang berarti “Tujuh yang berulang- ulang” karena ayat nya yang berjumlah tujuh dan di baca ber ulang- ulang setiap Shalat

QS Al-Fatihah dan Artinya:
Berikut ini Qs Al-Fatihah beikut Artinya  
Qs Al-Fatihah

Artinya:
1. dengan menyebut nama Allah yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang[1].
2. segala puji[2] bagi Allah, Tuhan semesta alam[3].
3. Maha Pemurah lagi Maha Penyayang.
4. yang menguasai[4] di hari Pembalasan[5].
5. hanya Engkaulah yang Kami sembah[6], dan hanya kepada Engkaulah Kami meminta pertolongan[7].
6. Tunjukilah[8] Kami jalan yang lurus,
7. (yaitu) jalan orang-orang yang telah Engkau beri nikmat kepada mereka; bukan (jalan) mereka yang dimurkai dan bukan (pula jalan) mereka yang sesat.[9]

Dibawah ini adalah penjelasan dari arti ayat di atas:

[1] Maksudnya: saya memulai membaca al-Fatihah ini dengan menyebut nama Allah. Setiap pekerjaan yang baik, hendaknya dimulai dengan menyebut asma Allah. Allah ialah nama zat yang Maha Suci, yang berhak disembah dengan sebenar-benarnya, yang tidak membutuhkan makhluk-Nya, tapi makhluk yang membutuhkan-Nya. Ar Rahmaan (Maha Pemurah): salah satu nama Allah yang memberi pengertian bahwa Allah melimpahkan karunia-Nya kepada makhluk-Nya, sedang Ar Rahiim (Maha Penyayang) memberi pengertian bahwa Allah Senantiasa bersifat rahmah yang menyebabkan Dia selalu melimpahkan rahmat-Nya kepada makhluk-Nya.
[2] Alhamdu (segala puji). memuji orang adalah karena perbuatannya yang baik yang dikerjakannya dengan kemauan sendiri. Maka memuji Allah berrati: menyanjung-Nya karena perbuatannya yang baik.
[3] Rabb (tuhan) berarti: Tuhan yang ditaati yang Memiliki, mendidik dan Memelihara.
[4] Maalik (yang menguasai) dengan memanjangkan mim,ia berarti: pemilik. dapat pula dibaca dengan Malik (dengan memendekkan mim), artinya: Raja.
[5] Yaumiddin (hari Pembalasan): hari yang diwaktu itu masing-masing manusia menerima pembalasan amalannya yang baik maupun yang buruk.
[6] Na'budu diambil dari kata 'ibaadat: kepatuhan dan ketundukkan yang ditimbulkan oleh perasaan terhadap kebesaran Allah, sebagai Tuhan yang disembah.
[7] Nasta'iin (minta pertolongan), terambil dari kata isti'aanah: mengharapkan bantuan untuk dapat menyelesaikan suatu pekerjaan yang tidak sanggup dikerjakan dengan tenaga sendiri.
[8] Ihdina (tunjukilah kami), dari kata hidayaat: memberi petunjuk ke suatu jalan yang benar.
[9] Yang dimaksud dengan mereka yang dimurkai dan mereka yang sesat ialah semua golongan yang menyimpang dari ajaran Islam.

Untuk Pembahasan Qs Al-Fatihah Part 1 sekian dulu, Untuk Qs Al-Fatihah Part 2 silahkan lihat di Tentang Surat Al Fatihah Part 2. Di Qs Al Fatihah part 2 terdapat pembahasan mengenai Hadist yang berkaitan dengan Qs Al-Fatihah, Keutamaan Qs Al-Fatihah, dan Penutup dari Qs Al-Fatihah

2 komentar:

  1. info yang menarik dan keren banget. kunjungi balik www.ankurniawan.blogspot.com

    BalasHapus
  2. Subhanallah memang tidak salah Al Fatihah merupakan ummul qur'an (ibunya Al Qur'an)..... Sangat banyak memang faedahnya.... :D

    BalasHapus

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi