May 16, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 40, 41, 42, 43, 44, 45, 46

Pagi sob, apa kabar?. Maaf ya, postingan kali ini agak telat. Di pagi ini saya akan memposting tentang Surat Al Baqarah Ayat 40, 41, 42, 43, 44, 45, 46. Di ayat ini Allah SWT menjelaskan mengenai Beberapa Perintah Dan Larangan-Nya Pada Bani Israil. Langsung disimak aja sob

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 40, 41, 42, 43, 44, 45, 46
Artinya:
40. Hai Bani Israil[41], ingatlah akan nikmat-Ku yang telah aku anugerahkan kepadamu, dan penuhilah janjimu kepada-Ku[42], niscaya aku penuhi janji-Ku kepadamu; dan hanya kepada-Ku-lah kamu harus takut (tunduk).
41. dan berimanlah kamu kepada apa yang telah aku turunkan (Al Quran) yang membenarkan apa yang ada padamu (Taurat), dan janganlah kamu menjadi orang yang pertama kafir kepadanya, dan janganlah kamu menukarkan ayat-ayat-Ku dengan harga yang rendah, dan hanya kepada Akulah kamu harus bertakwa.
42. dan janganlah kamu campur adukkan yang hak dengan yang bathil dan janganlah kamu sembunyikan yang hak itu[43], sedang kamu mengetahui.
43. dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku'lah beserta orang-orang yang ruku'[44].
44. mengapa kamu suruh orang lain (mengerjakan) kebaktian, sedang kamu melupakan diri (kewajiban) mu sendiri, Padahal kamu membaca Al kitab (Taurat)? Maka tidaklah kamu berpikir?
45. Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu. dan Sesungguhnya yang demikian itu sungguh berat, kecuali bagi orang-orang yang khusyu',
46. (yaitu) orang-orang yang meyakini, bahwa mereka akan menemui Tuhannya, dan bahwa mereka akan kembali kepada-Nya.
[41] Israil adalah sebutan bagi Nabi Ya'qub. Bani Israil adalah turunan Nabi Ya'qub; sekarang terkenal dengan bangsa Yahudi.
[42] Janji Bani Israil kepada Tuhan Ialah: bahwa mereka akan menyembah Allah dan tidak mempersekutukan-Nya dengan sesuatu apapun, serta beriman kepada rasul-rasul-Nya di antaranya Nabi Muhammad s.a.w. sebagaimana yang tersebut di dalam Taurat.
[43] Di antara yang mereka sembunyikan itu Ialah: Tuhan akan mengutus seorang Nabi dari keturunan Ismail yang akan membangun umat yang besar di belakang hari, Yaitu Nabi Muhammad s.a.w.
[44] Yang dimaksud Ialah: shalat berjama'ah dan dapat pula diartikan: tunduklah kepada perintah-perintah Allah bersama-sama orang-orang yang tunduk.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 44: Rasulullah SAW Bersabda," Ada seorang laki laki didatangkan di hari kiamat, lalu ia dicampakkan ke neraka. Lalu, isi perutnya terburai dan ia berputar putar dalam keadaan seperti keledai berputar di lapangan. Kemudian penduduk neraka bertanya," Wahai fulan, kenapa kamu begini?, bukankan kamu dulu menyuruh yang makruf dan mencegah yang munkar?". Lalu ia menjawab," Ya, aku dulu memang menyuruh yang makruf, tetapi aku tidak mengerjakannya, sementara aku mencegah yang munkar tapi aku sendiri melakukannya".
Ayat 45: Ibnu Kasir dalam tafsirnya menyatakan sabar yang dimaksud dalam ayat ini adalah Puasa. Beliau memperkuat pendapatnya dengan mengutip sabda Rasulullah yaitu" Puasa adalah sebagian dari kesabaran.(HR. Baiqahi)

Mutiara Ayat
Di Ayat ini dijelaskan mengenai perintah dan larangan Allah kepada Bani Israil;
1. Selalu Bersyukur atas segala nikmat yang telah diberikan, seerta berdo'a supaya nikmatnya ditambah
2. Beriman kepada rasu- rasul Allah serta kitab kitab yang telah diturunkan
3. Beriman yang diikuti dengan ibadah agar iman tersebut bertambah subur dan kukuh
4. Melakukan shalat berjamaah dan menunaikan zakat
5. Melaksanakan perintah- perintah agama dengan baik
6. Dalam menghadapi persoalah hidup yang susah agar tetap tabah dan senantiasa melaksanakan shalat
7. Khusu' dalam beribadah, taat kepada Allah, serta yakin bahwa dia akan menemui-Nya di Akhirat kelak

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

2 comments:

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi