May 30, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 114, 115, 116, 117

Selamat siang sob, siang ini saya akan melanjutkan pembahasan mengenai Tafsir Surat Dan Ayat Al Qur'an. Kali ini saya akan membahas Surat Al Baqarah Ayat 114, 115, 116, 117. Di dalam ayat ini, Allah SWT menjelaskan mengenai Tindakan Menghalangi Orang Beribadah.

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 114, 115, 116, 117
Artinya:
114. dan siapakah yang lebih aniaya daripada orang yang menghalanghalangi menyebut nama Allah dalam mesjid-mesjid-Nya, dan berusaha untuk merobohkannya? mereka itu tidak sepatutnya masuk ke dalamnya (mesjid Allah), kecuali dengan rasa takut (kepada Allah). mereka di dunia mendapat kehinaan dan di akhirat mendapat siksa yang berat.
115. dan kepunyaan Allah-lah timur dan barat, Maka kemanapun kamu menghadap di situlah wajah Allah[83]. Sesungguhnya Allah Maha Luas (rahmat-Nya) lagi Maha mengetahui.
116. mereka (orang-orang kafir) berkata: "Allah mempunyai anak". Maha suci Allah, bahkan apa yang ada di langit dan di bumi adalah kepunyaan Allah; semua tunduk kepada-Nya.
117. Allah Pencipta langit dan bumi, dan bila Dia berkehendak (untuk menciptakan) sesuatu, Maka (cukuplah) Dia hanya mengatakan kepadanya: "Jadilah!" lalu jadilah ia. 
[83] Disitulah wajah Allah maksudnya; kekuasaan Allah meliputi seluruh alam; sebab itu di mana saja manusia berada, Allah mengetahui perbuatannya, karena ia selalu berhadapan dengan Allah.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 115: Dari Jabir bin Abdullah Al Ansari berkata:" Aku melihat Rasulullah SAW dalam Perang Anmar, beliau menunaikan shalat sunnah diatas untanya menghadap ke arah timur." (HR. Bukhari dan Baihaqi)
Ayat 116: Dari Ibnu Abbas ra. Nabi SAW bersabda, Allah SWT berfirman:" Anak Adam telah mendustakan-Ku, padahal tidak sepantasnya ia melakukan hal itu, dan ia juga mencaci- Ku, padahal tidak sepantasnya dia melakukan hal itu. Adapun pendustaanya kepada- Ku adalah ia menduga bahwa Aku tidak mampu membangkitkannya kembali seperti sediakala, sedangkan caciannya kepada- Ku adalah penyataan bahwa Aku memiliki anak. Sungguh, Maha Suci Diriku dari mempunyai istri dan anak."(HR Bukhari)

Mutiara Ayat
Di dalam Surat Al Baqarah Ayat 114, 115, 116, 117 ini, Allah SWT menjelaskan mengenai Tindakan Menghalangi Orang Beribadah;
1. Perbuatan yang paling zalim di sisi Allah ialah menghalang- halangi manusia beribadah ke masjid dan merobohkannya atau merusaknya. Allah mengingakan orang yang melakukan perbuatan itu dengan kehinaan di dunia dan Azab di Akhirat.
2. Seluruh alam ini milik Allah, Dialah yang menguasai, mengatur dan mengurusinya. Dia mengetaui apa saja yang terjadi di alam ini, baik yang kecil maupun yang besar, yang nyata dan yang tidak nyata. Karena itu kemana saja hamba menghadapkan wajahnya saat beribadah, pasti diketahui dan didengar- Nya.
3. Allah tidak mempunyai anak, Dan dia tidak memerlukan suatu pun dalam mengurus mahluk- Nya. Dia kekal selama lamanya.
4. Allah menciptakan alam ini dengan tidak mencontoh kepada sesuatu yang ada. Semuanya ada atas kehendaknya.

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

1 comment:

  1. nice post sangat bermanfaat
    ditunggu kunbal nya

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi