Tentang Surat Al Baqarah Ayat 15 Sampai 20

Pagi, Apakabar Sob?. Di pagi ini saya akan melanjutkan postingan saya mengenai Surat Al Baqarah. Postingan saya kali ini akan membahas Tentang Surat Al Baqarah Ayat 15 Sampai 20. Di Ayat 15 Sampai 20 ini masih membahas mengenai Orang Orang Munafik. Untuk ulasan yang lebih jelas, silahkan disimak sob

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 15 Sampai 20

Artinya
15. Allah akan (membalas) olok-olokan mereka dan membiarkan mereka terombang-ambing dalam kesesatan mereka.
16. mereka Itulah orang yang membeli kesesatan dengan petunjuk, Maka tidaklah beruntung perniagaan mereka dan tidaklah mereka mendapat petunjuk.
17. perumpamaan mereka adalah seperti orang yang menyalakan api[26], Maka setelah api itu menerangi sekelilingnya Allah hilangkan cahaya (yang menyinari) mereka, dan membiarkan mereka dalam kegelapan, tidak dapat melihat.
18. mereka tuli, bisu dan buta[27], Maka tidaklah mereka akan kembali (ke jalan yang benar),
19. atau seperti (orang-orang yang ditimpa) hujan lebat dari langit disertai gelap gulita, guruh dan kilat; mereka menyumbat telinganya dengan anak jarinya, karena (mendengar suara) petir,sebab takut akan mati[28]. dan Allah meliputi orang-orang yang kafir[29].
20. Hampir-hampir kilat itu menyambar penglihatan mereka. Setiap kali kilat itu menyinari mereka, mereka berjalan di bawah sinar itu, dan bila gelap menimpa mereka, mereka berhenti. Jikalau Allah menghendaki, niscaya Dia melenyapkan pendengaran dan penglihatan mereka. Sesungguhnya Allah berkuasa atas segala sesuatu.

[26] Orang-orang munafik itu tidak dapat mengambil manfaat dari petunjuk-petunjuk yang datang dari Allah, karena sifat-sifat kemunafikkan yang bersemi dalam dada mereka. Keadaan mereka digambarkan Allah seperti dalam ayat tersebut di atas.
[27] Walaupun pancaindera mereka sehat mereka dipandang tuli, bisu dan buta oleh karena tidak dapat menerima kebenaran.
[28] Keadaan orang-orang munafik itu, ketika mendengar ayat-ayat yang mengandung peringatan, adalah seperti orang yang ditimpa hujan lebat dan petir. mereka menyumbat telinganya karena tidak sanggup mendengar peringatan-peringatan Al Quran itu.
[29] Maksudnya pengetahuan dan kekuasaan Allah meliputi orang-orang kafir.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 19: Dari Ibnu Mas'ud dan beberapa sahabat lainya mengemukakan," Ada dua orang munafik Madinah lari dari Rasulullah SAW menuju ke tempat orang orang musyrik. Di tengah perjalanan mereka ditimpa hujan lebat yang gelap gulita, suara gemuruh yang dahsyat, petir, dan kilat sebagaimana disebut dalam ayat ini. Setiap ada petir mereka menyumbat telinga nya dengan jari karena takut akan membunuh mereka. Lalu mereka menyesal dan keesokan harinya mereka menemui Rasulullah dan menyatakan masuk Islam (As-Suyuti, hal. 14-15)
Ayat 20: Dari Abdullah bin Mas'ud ra. bahwa Rasulullah SAW Bersabda:"Allah mengumpulkan manusia di hari kiamat, Lalu mereka diberi cahaya sesuai kadar amal saleh mereka. Di antara mereka ada yang diberi cahaya sebesar gunung di depanya, ada yang di beri cahaya sebesar pohon kurma di tangan kanan nya,ada yang lebih kecil dari itu, sehingga orang yang terakhir di beri cahaya di jempol kakinya, dan cahaya itu kadang bercahaya kadang mati. Bila bercahaya ia memajukan telapak kaki nya, bila mati ia berdiri."(HR. Hakim)

Munasabah
Di ayat 15 Sampai 20 ini sebenarnya hampir sama dengan ayat 8 Sampai 14, yaitu menjelaskan mengenai golongan manusia yang ke tiga. Golongan manusia yang ke tiga ini adalah Golongan Orang Munafik ( Bermuka Dua ). Orang Munafik adalah arang yang lahir nya beriman, tetapi batin nya menolak

Sekian dulu sob ulasan saya kali ini, semoga bermanfaat. Jika Sobat ingin mengetahui ulasan mengenai surat Al Baqarah ayat lain nya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah.
Sekian dulu sob, tolong klik link d bawah ini ya, karena satu klik dari anda, sangat berharga bagi blog ini

0 komentar:

Poskan Komentar

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi