May 28, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 106, 107, 108

Malam sob, apa kabar? semoga baik baik saja ya. Kali ini saya akan melanjutkan postingan saya mengenai Tafsir Surat Dan Ayat Dalam Al Qur'an. Yang akan saya bahas kali ini adalah Surat Al Baqarah Ayat 106, 107, 108. Di dalam Ayat ini, Allah SWT menjelaskan mengenai Nasakh Di Dalam Al Qur'an.

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 106, 107, 108
Artinya:
106. ayat mana saja[81] yang Kami nasakhkan, atau Kami jadikan (manusia) lupa kepadanya, Kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang sebanding dengannya. tidakkah kamu mengetahui bahwa Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu?
107. Tiadakah kamu mengetahui bahwa kerajaan langit dan bumi adalah kepunyaan Allah? dan tiada bagimu selain Allah seorang pelindung maupun seorang penolong.
108. Apakah kamu menghendaki untuk meminta kepada Rasul kamu seperti Bani Israil meminta kepada Musa pada jaman dahulu? dan Barangsiapa yang menukar iman dengan kekafiran, Maka sungguh orang itu telah sesat dari jalan yang lurus. 
[81] Para mufassirin berlainan Pendapat tentang arti ayat, ada yang mengartikan ayat Al Quran, dan ada yang mengartikan mukjizat.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 108: Ibnu Abbas berkata," Rofi' Bin Khuzaimah dan Wahab Bin Zaid berkata kepada Rasulullah," Hai Muhammad, berilah kepada kami sebuah kitab yang diturunkan dari langit supaya kami dapat membacanya, atau pancarkanlah mata air yang menjadi sungai sungai- sungai buat kami sehingga kami dapat mengikutimu dan membenarkanmu". Maka, Allah SWT menurunkan ayat ini.(HR. Ibnu Abi Hatim)

Mutiara Ayat
Di dalam Surat Al Baqarah Ayat 106, 107, 108 ini, Allah SWT menjelaskan mengenai Nasakh Di Dalam Al Qur'an;
1. Penggantian isi ayat oleh Allah SWT tidak dapat di ingkari kejadiannya, karena hal itu termasuk kedalam kekuasaan Allah SWT.
2. Segala sesuatu yang diperintahkan kepada seorang Rasul pasti ada manfaatnya. oleh sebab itu, haruslah dilakukan. Segala sesuatu yang dilarang tentu mengandung kemudaratan, oleh karenanya harus dijauhi.
3. Umat Islam dilarang mempersoalkan sesuatu yang akan memberatkan diri mereka sendiri.

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

0 comments:

Post a Comment

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi