May 29, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 109 Dan 110

Siang sob, maaf ya baru sempa update. Di siang yang mendung ini saya akan melanjutkan postingan mengenai Tafsir Surat Dan Ayat Dalam Al Qur'an. Yang akan saya bahas kali ini adalah Surat Al Baqarah Ayat 109 Dan 110. Di dalam ayat ini Allah SWT menjelaskan mengenai Sikap Orang Yahudi Terhadap Orang Mukmin.

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 109 Dan 110
Artinya:
109. sebahagian besar ahli kitab menginginkan agar mereka dapat mengembalikan kamu kepada kekafiran setelah kamu beriman, karena dengki yang (timbul) dari diri mereka sendiri, setelah nyata bagi mereka kebenaran. Maka ma'afkanlah dan biarkanlah mereka, sampai Allah mendatangkan perintah-Nya[82]. Sesungguhnya Allah Maha Kuasa atas segala sesuatu.
110. dan dirikanlah shalat dan tunaikanlah zakat. dan kebaikan apa saja yang kamu usahakan bagi dirimu, tentu kamu akan mendapat pahala nya pada sisi Allah. Sesungguhnya Alah Maha melihat apa-apa yang kamu kerjakan. 
[82] Maksudnya: keizinan memerangi dan mengusir orang Yahudi.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 109: " Di antara kaum Yahudi terdapat Huyai bin Akhthab dan Abu Yasir bin Akhthab, dia adalah orang yahudi yang sangat dengki dengan orang Arab. Terlebih, setelah Allah  SWT menentukan Rasul-Nya dari bangsa Arab. Keduanya berusaha keras untuk menarik orang- orang yang telah beriman untuk menjauhi Islam, maka turunlah ayat ini."(HR. Ibnu Abi Hatim)

Mutiara Ayat
Di dalam Surat Al Baqarah Ayat 109 Dan 110 ini, Allah SWT menjelaskan mengenai Sikap Orang Yahudi Terhadap Orang Mukmin;
1. Kaum Musimin tidak boleh mengambil pendapat orang Yahudi mengenai hal- hal yang berkaitan dengan agama, karena mereka sudah jelas dengki dan hasut serta ingin menjadikan muslimin kafir.
2. Dalam menghadapi tipu muslihat mereka, kaum Muslimin harus bersabar dan berlapang dada, disertai dengan memohon pertolongan kepada Allah, terus- menerus melakukan salat dan mengeluarkan zakat.

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

2 comments:

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi