May 21, 2013

Tentang Surat Al Baqarah Ayat 63, 64, 65, 66

Pagi sob, apa kabar?. Di pagi yang cerah ini saya akan melanjutkan postingan saya mengenai Pembaasan Surat dan Ayat dalam Al Qur'an. Yang akan saya bahas kali ini adalah Surat Al Baqarah Ayat 63, 64, 65, 66. Di dalam ayat ini, Allah menjelaskan mengenai pembalasan terhadap Bani Israil yang telah melanggar perjanjian dengan Allah

Bacaan Surat Al Baqarah Ayat 63, 64, 65, 66
Artinya:
63. dan (ingatlah), ketika Kami mengambil janji dari kamu dan Kami angkatkan gunung (Thursina) di atasmu (seraya Kami berfirman): "Peganglah teguh-teguh apa yang Kami berikan kepadamu dan ingatlah selalu apa yang ada didalamnya, agar kamu bertakwa".
64. kemudian kamu berpaling setelah (adanya perjanjian) itu, Maka kalau tidak ada karunia Allah dan rahmatNya atasmu, niscaya kamu tergolong orang yang rugi.
65. dan Sesungguhnya telah kamu ketahui orang-orang yang melanggar diantaramu pada hari Sabtu[59], lalu Kami berfirman kepada mereka: "Jadilah kamu kera[60] yang hina".
66. Maka Kami jadikan yang demikian itu peringatan bagi orang-orang dimasa itu, dan bagi mereka yang datang Kemudian, serta menjadi pelajaran bagi orang-orang yang bertakwa. 
[59] Hari Sabtu ialah hari yang khusus untuk beribadat bagi orang-orang Yahudi.
[60] Sebagian ahli tafsir memandang bahwa ini sebagai suatu perumpamaan , artinya hati mereka menyerupai hati kera, karena sama-sama tidak menerima nasehat dan peringatan. Pendapat jumhur mufassir ialah mereka betul-betul beubah menjadi kera, hanya tidak beranak, tidak Makan dan minum, dan hidup tidak lebih dari tiga hari.

Hadis Yang Berkaitan Dengan Ayat
Ayat 63: Dari Abu Sa'id Al Khudri, Rasulullah SAW bersabda:" Maukah kalian aku beritahu sebaik- baik manusia dan seburuk buruk manusia?. Sungguh, orang yang baik adalah yang bekerja di jalan Allah dengan berkendara atau jalan kaki sampai meninggal dunia, dan orang yang paling buruk adalah orang yang membaca Al Qur'an, tetapi tidak pernah menyesali suatu perbuatan yang bertentangan dengan dirinya.(HR. An Nasa'i)

Mutiara Ayat
Di dalam Surat Al Baqarah Ayat 63, 64, 65, 66 ini Allah menjelaskan mengenai pembalasan terhadap Bani Israil yang telah melanggar perjanjian dengan Allah;
1. Allah menerima janji Bani Israil bahwa mereka akan berpegang teguh dengan kitab taurat, akan mempelajari dan mengamalkan isinya.
2. Bani Israi pantas mendapat siksaan dari Allah di dunia karenatidak menepati janjinya, tetapi Allah Maha Pengasih dan Penyayang.
3. Diantara dosa mereka adalah melanggar larangan Allah( menangkap ikan pada hari sabat), yang pada hari itu mereka seharusnya melakukan ibadah kepada Allah.
4. Segala yang dialami Bani Israil pada zaman dahulu, hendaknya menjadi pelajaran bagi kita pada masa sekarang.

Sekiankian dulu ya postingan saya kali ini, kalau sobat ingin melihat penjelasan mengenai surat Al Bawarah ayat lainya, silahkan kunjungi Surat Al Baqarah, tetapi kalu sobat ingin melihat surat lainya, silahkan kinjungi Pilih Surat

Sekian sob, dan jangan lupa, klik link dibawah ini sebelum keluar. Wassalam

1 comment:

  1. semoga kita bisa mentadabburi setiap ayat yang kita pelajari

    ReplyDelete

Silahkan Berkomentar yang relevan dan tidak mengandung unsur SARA maupun Pornografi